Selasa, 19 Juli 2016

Pantai Iboih, Keajaiban Bawah Laut Di Aceh

Bagi para backpacker, ada salah satu tujuan wisata yang sangat direkomendaasikan bagi penikmat keindahan bawah laut, yaitu di Nagroe Aceh Darusalam yang terletak du ujung pulau Sumatra. Mungkin kita hanya sering mengingatnya sebagai daerah pernah konflik, penghasil ganja, dan sejarah kerajaan. Tapi percayakah bahwa hal itu hanyalah sebagian cerita, yang hanya kita ulas sepotong tanpa tahu cerita lengkapnya?

Pasca terkena bencana tsunami pada tahun 2009, Aceh samapi sekarang ini memiliki otonomi khusus yang hampir 80% pengelolaan diberikan kepada daerah. Dan pasca tsunami ini juga banyak ditemukan tempat-tempat wisata yang dahulu tidak pernah terjamah oleh manusia.

Salah satu tempat wisata yang sangat menawan dan memang sejak dahulu menjadi incara para backpacker adalah pantai Iboin yang berada di Pulau Weh. Pantai Iboih sebenarnya bernama resmi “Teupin Layeu”, tetapi lebih dikenal dengan nama Pantai Iboih. Pantai Iboih menawarkan segala keindahan bawah laut yang bisa kita nikmati bahkan tanpa harus berenang sekalipun.

Berada di ujung barat Pulau Sumatera, Pantai Iboih menawarkan kecantikan alam yang masih alami. Air lautnya begitu jernih, belum lagi jika menyelam, Anda akan disambut dengan kerajaan bawah laut yang megah. Tak sedikit wisatawan yang menyatakan keindahan Pantai Iboih, hutan lindung Iboih memiliki garis pantai yang menawan dengan pasir berwarna keemasan dan batuan besar bersusun. Tidak berlebihan jika hutan lindung ini digambarkan sebagai taman firdaus, karena bagi sebagian wisatawan, inilah gambaran taman “bermain” yang sesungguhnya. Dasar lautan yang dangkal memancarkan hijau kebiruan, bahkan menyorotkan kedamaian. Lengkung pesisirnya seperti bibir tersenyum menyambut pengelana merasakan kehangatan hutan hujan tropis yang bertahtakan kekayaan flora dan fauna Indonesia.

Seperti perjalanan yang traveler Riani Jangkaru lakukan, dikutip di http://travel.detik.com/read/2013/06/10/114400/2246433/1025/pantai-iboih-di-sabang-pintu-gerbang-kendahan-nusantara adalah sebagai berikut :

Jika anda dari luar jakarta anda dapat mendapatkan promo tiket pesawat dan promo hotel jakarta sebelum menuju Aceh di Www.Tiket.Com. Perjalanan diawali dari Jakarta menuju Medan dengan menggunakan pesawat. Dari Medan ke Aceh dengan naik bis dari medan pada malam hari. Pada pukul 08.00 WIB tiba di Terminal Banda Aceh.

Barulah setelah itu ke Pelabuhan Ulee Lheue untuk segera menyeberang ke Pulau Weh. Traveler yang ingin menyeberang bisa memilih ingin naik kapal cepat atau ferry yang memakan waktu 2 jam. Oh iya, jangan lupa untuk membawa kopi aceh yang dijual di sekitar Kota Banda Aceh. Jika beruntung kalian bisa menemukan dodol ganja.

Setibanya di Sabang, wisatawan bisa memilih taksi sebagai transportasi menuju Iboih, Sumur Tiga, Gapang, Tugu Nol Kilometer, atau ke Kota Sabang. Kalau beruntung, traveler bisa naik taksi milik penduduk lokal. Biasanya mobil sedan, tapi Riani juga melihat ada Mazda RX-8 dijadikan taksi.

Dua kali Riani ke sana, dan selalu memilih untuk mengambil penginapan di Pantai Iboih. Selain karena murah, Pantai Iboih menjadi tempat paling nyaman untuk bersantai.

Wisatawan bisa memilih penginapan dengan harga dan fasilitas yang diinginkan. Lingkungan sekitar dan masyarakatnya juga sangat ramah, serta memberikan pelayanan yang sangat bersahabat.

Pagi hari adalah saat paling nikmat untuk snorkeling. Selain karena plankton belum naik ke permukaan, suasana sejuk pagi akan memberikan kesan takjub yang lebih mendalam. Terlebih jika Anda bisa menaiki perahu dan memutari Pulau Rubiah.

Rubiah adalah pulau di seberang Pantai Iboih. Kalau nekat ya berenang saja ke pulau tersebut, dijamin akan ada sensasi yang lebih menantang. Kumpulan terumbu karang di sekitar pulau akan semakin memanjakan mata.

Beberapa yang menarik dari Pantai Iboih dan Pulau Rubiah adalah keberadaan anak hiu. Ya, jika beruntung, Anda akan menemukan anak-anak hiu yang berenang dekat pantai.

Biasanya mereka ada di kedalaman 2-3 meter. Tak perlu takut, Anda hanya perlu memastikan tak ada darah di sekitar tubuh.

Di Pantai Iboih, wisatawan akan dihadapkan dengan banyak titik penyelaman. Mungkin tak cukup sehari untuk menikmati isi bawah airnya. Terutama jika ingin diving di daerah ini, Riani berpendapat bahwa butuh seminggu untuk puas bermain di Sabang.

Pantai Gapang, Sumur Tiga, dan Tugu Nol Kilometer juga menjadi objek rekreasi yang menarik di Pulau Weh. Bila ada kesempatan ajaklah orang setempat untuk berbincang mengenai sejarah Aceh, kerajaannya, hingga refleksi tsunami 2004 lalu.

Satu hal lagi, jangan lupa untuk belanja oleh-oleh, walau hanya membeli kue sabang. Kerabat di kota asal pasti akan menantikan oleh-oleh Anda dari Sabang, jangan lupa untuk membawa kopi aceh dan jika beruntung kalian bisa menemukan dodol ganja.

Masih banyak destinasi wisata yang luar biasa di Indonesia yang belum go Internasional. Salah satunya adalah IGIR WRINGIN yang berada di Jawa Tengah. Untuk perjalanan dan penginapan silahkan kunjungi http://www.tiket.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar